• Label

    Copyright © DETIK NUSANTARA NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Rapat Kerja Pemerintah Kabupaten Gunungkidul: Membangun Kesadaran Hukum dan Kesejahteraan Bersama

    Senin, 22 April 2024, April 22, 2024 WIB Last Updated 2024-04-22T03:01:05Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Media DNN - Gunungkidul, DIY |
    Hari Senin, 22 April 2024, bertempat di Joglo Giriselakanda Kalurahan Wunung, Kabupaten Gunungkidul, digelar Rapat Kerja Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Acara tersebut dihadiri oleh para pejabat utama pemerintahan, termasuk Bupati Gunungkidul, Ketua Pengadilan Negeri Gunungkidul, Ketua Kejaksaan Negeri Gunungkidul, Kapolres Gunungkidul yang diwakili oleh Kabagops Polres Gunungkidul, Ndandim Gunungkidul yang diwakili oleh Ndandim Rongkop, 144 Lurah se Kabupaten Gunungkidul, 18 Panewu se Kabupaten Gunungkidul, Ndandim se Kabupaten Gunungkidul, serta Kapolsek se Kabupaten Gunungkidul.

    Dalam sambutannya, Bupati Gunungkidul menyampaikan mengenai isu-isu strategis di masa depan, terutama terkait dengan kemiskinan dan ketertiban keamanan. Beliau menyoroti peningkatan kinerja pemerintahan yang tercermin dari Indeks Kinerja Utama, namun juga mengakui adanya beberapa indikator yang belum mencapai target. Salah satu fokus utama adalah penanggulangan kemiskinan, yang meskipun mengalami penurunan, masih menjadi perhatian serius.

    Ketua Pengadilan Negeri Gunungkidul Tri Joko Gantar Pamungkas, S.H., M.H. menyoroti kesadaran hukum masyarakat, dengan hanya sebagian kecil kelurahan yang masuk kategori sadar hukum. Kerjasama antara pemerintah daerah dan kelurahan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran hukum dan meminimalisir permasalahan hukum yang timbul. 

    Disampaikan juga materi tentang fungsi pengadilan dalam membangun kesadaran hukum masyarakat, dengan panel dari Pengadilan Negeri Gunungkidul menjelaskan tentang pentingnya peran lurah dan panewu sebagai agen dalam meningkatkan kesadaran hukum di kelurahan-kelurahan. Diharapkan pelatihan bagi para lurah untuk menjadi paralegal dapat meningkatkan efektivitas pendampingan hukum kepada masyarakat.


    Kapolres Gunungkidul yang diwakili oleh Kompol Mustaqim turut menyampaikan materi tentang keamanan dan kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat. Beliau menekankan pentingnya sinergi antara aparat keamanan dan masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan di daerah Gunungkidul.

    Rapat kerja ini juga menjadi ajang untuk membahas isu-isu lainnya seperti pariwisata, investasi, dan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh. Diharapkan dengan kerjasama yang solid antara pemerintah dan masyarakat, Kabupaten Gunungkidul dapat terus berkembang menuju arah yang lebih baik dalam berbagai aspek kehidupan masyarakatnya.

    Dalam konteks pembangunan ekonomi, rapat tersebut juga menyoroti pentingnya pro investasi untuk mengatasi tingkat pengangguran yang masih cukup tinggi. Diperlukan upaya untuk membangun infrastruktur dan menciptakan lapangan kerja yang memadai.


    Isu-isu sosial seperti stunting dan peningkatan kasus HIV juga menjadi perhatian serius dalam rapat tersebut. Bupati Gunungkidul menekankan perlunya pendekatan yang holistik dan edukasi yang lebih intensif dalam penanggulangan masalah-masalah tersebut.

    Kapolres Gunungkidul juga menyampaikan upaya-upaya kepolisian dalam menangani masalah keamanan dan penegakan hukum dengan mengedepankan pendekatan preventif dan kolaborasi dengan masyarakat.

    Rapat kerja ini juga menjadi momentum untuk merumuskan langkah-langkah strategis ke depan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh. Dengan partisipasi dan kerjasama yang kuat antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat, diharapkan Kabupaten Gunungkidul dapat menjadi contoh keberhasilan dalam pembangunan dan peningkatan kualitas hidup masyarakatnya.


    ( Bayu )
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini