• Label

    Copyright © DETIK NUSANTARA NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dorong Kesejahteraan Masyarakat, PLN EPI Inisiasi Program Budidaya Ternak Kambing Perah di Gunung Kidul

    Senin, 13 Mei 2024, Mei 13, 2024 WIB Last Updated 2024-05-13T01:06:53Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Media DNN - Gunungkiidul, DIY |
    12 Mei 2024  PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) telah mengambil langkah progresif dengan menginisiasi Program Budidaya Ternak Kambing Perah Peranakan Etawa di Desa Berdaya Energi PLN EPI, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta. 

    Langkah ini menegaskan komitmen perusahaan dalam memajukan kesejahteraan masyarakat sekaligus mendukung prinsip-prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) serta Sustainable Development Goals (SDGs).

    Menurut Direktur Utama PLN EPI, Iwan Agung Firstantara, program ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan. 

    Desa Berdaya Energi dirancang sebagai pusat pemberdayaan dengan fokus pada aspek lingkungan, ekonomi lokal, sosial budaya, dan kesehatan masyarakat.

    PLN EPI tidak hanya memastikan pasokan energi primer bagi PLN Group, tetapi juga berupaya langsung terlibat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sesuai dengan SDGs. 


    Program ini melibatkan 50 warga yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Tani Mulya dan Gapoktan Asem Mulyo di Gunung Kidul, Yogyakarta.

    Melalui hasil kajian sosial, terungkap bahwa program ini memiliki potensi besar dengan dukungan penuh dari kelurahan dan warga setempat. 

    Untuk meningkatkan kemampuan peternak, PLN EPI bekerja sama dengan Gapoktan Ngudi Makmur yang telah berhasil dalam budidaya kambing perah.

    PLN EPI memberikan bantuan berupa pembuatan kandang komunal dan bibit kambing peranakan Etawa berSNI kepada dua Gapoktan. 

    Jenis kambing ini dipilih karena memiliki manfaat ganda, termasuk produksi susu yang tinggi, yang dapat mendukung ekonomi masyarakat setempat.

    Dukungan PLN EPI diharapkan dapat menjawab tantangan ekonomi masyarakat sekaligus berkontribusi pada upaya pencegahan stunting di wilayah tersebut. 

    Program ini juga memperluas pasar susu kambing dengan berbagai produk olahan yang semakin diminati.

    Selain itu, PLN EPI akan terus mendorong ekosistem ternak kambing perah dengan membangun koneksi antara pelaku usaha dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sebagai offtaker produk, sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat melalui skema penjualan yang terorganisir.


    ( Bayu )

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini